Celotehan Masmus

menggelorakan jiwa

Akhirnya kesampaian juga pake BlankOn

with one comment

Pagi ini saya kemabali menjumpai blog tercinta. Tapi tidak seperti biasanya. Pagi ini saya menggunakan BankOn, bukan blangkon  penutup kepala orang jawa lho. Walaupun sama-sama produk dalam negeri tetapi BlankOn yang satu ini adalah distro Linux versi Indonesia yang dikembangkan oleh putra-putri Indonesia.Wah bener-benar bangga dengan negeri tercinta, Indonesia.

Saya hanyalah pengguna pemula. Semula saya coba iseng burning BlankOn CDlive yang terdapat pada DVD PCMedia 01/2009. Sebelum ini saya sudah burning versi lain yang saya download, tetapi tetap gagal gak bisa booting di laptop. Namun kemarin malam saya kangen sama PC di rumah yang ada linux Ubuntu-8.04, saya pun akhirnya mem-burning CDlive ubuntu versi indonesia tersebu (baca: blankOn). Tak lain adalah untuk mengobati kerinduan pada Linux. Akhirnya ngeblog pun pake BlankOn.Pagi ini saya langsung menyalakan laptop ternyata otomatis booting dari CDlive. Padahal tadi malam tidak bisa. Dan anehnya setting internetnya otomatis, jadi begitu saya klik Mozilla Firefox langsung konek dengan internet tanpa susah untuk setting. Wah bener-bener canggih.

Setelah menjajal kecanggihan BlankOn akhirnya saya berpendapat BlankOn ini sangat cocok digunakan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, karena:

  • User Interface sudah canggih dan use friendly.
  • Dibuat oleh putra-putri Indonesia yang peduli dengan IT negeri ini.
  • Dapat menghemat anggaran karena merupakan Open Source, artinya tidak perlu biaya mahal misal untuk beli OS Windows & Ms Office. Coba banyangkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk seluruh sekolah di negeri ini.
  • Berbahasa Indonesia sehingga lebih mudah untuk dipahami
  • Untuk aplikasi standar perkantoran dan internet sudah cukup canggih.
  • Intinya kalau mau tenang dan hemat pake saja BlankOn.

Adapun fitur-fitur BlankOn CDlive yang saya pake ini adalah:

  • Aplikasi Office dari Open Office, ada Word Prosessor, Spreadsheet (semacam Excel), Presentation (semacam Powerpoint), kamus, GnuCash Finance Management, Mail & Calendar.
  • Internet: Mozilla Firefox  3.03, Meseenger: Pidgin, Email Client.
  • Game: banyak banget, aku belum mencobanya hihi.. ada catur, sudoku dll
  • Multimedia: pemutar musik, pemutar video, perekam suara, burning cd.
  • Grafis: GIMP image editor, Openoffice.org drawing, XSane image scanner, Inkspace vector graphic editor.
  • Yang jelas saya ngeblog ini juga pake blankOn hi..hi..hi..

Nah untuk untuk download klik saja ikon Unduh BlankOn di atas. Selamat memakai blangkon ya, eh…. BlankOn ding.

Written by mus

09/05/2009 pada 10:48

Ditulis dalam Internet, Komputer

Tagged with , ,

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. pertamaaaaaaaaaaaaaaa

    happy linux 😀

    saya pake ubuntu 9.04

    Suka

    wahyu am

    11/05/2009 at 09:03


Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.