Celotehan Masmus

menggelorakan jiwa

Ngeblog Sebuah Trend?

with 2 comments

 web -> web log -> weblog => blog

Barangkali bukan asing lagi bagi mereka yang suka berinternet. Ya, Blog. Sebuah fenomena dan kini sepertinya sedang menjadi trend. Tidak anak muda, anak sekolahan, karyaan, mahasisa, dosen, bahkan mantan menteri dan pejabat negara pun juga ngeblog.

Ada perbedaan yang mendasar antara website berita dengan blog yang pada umumnya bersifat personal. Inilah uniknya. Kini blog benar-benar menggejala. Bahkan banyak komunitas blogger yang mengkampanyekan untuk membuat blog kepada pengunjungnya. Mereka seoalah bertekad makin banyak orang yang punya blog dan mau ngeblog, dan bergabung dengan komunitas mereka.

Apalagi dengan  kemudahan penyedia hosting dan subdomain gratis. Selain itu banyak web penyedia gratisan untuk membuat blog. Diikuta tahapan register yang mudah. Template yang menarik dan control panel yang mudah digunakan (use friendly). Jadi klop-lah. Yang sering digunakan blogger.com (.blogspot.com), wordpress.com, multiplay.com, Maka tak heran setiap hari banyak blog bermunculan.

Positif dan Negatif.

Keberadaan media blog yang bebas tanpa sensor dan dipublikasikan ke publik tentu memiliki dampak positif dan negatif. Ya ibarat pedang bermata dua. Tergantung yang menggunakannya. Bisa baik ataupun buruk. Bisa mencerahkan dan mencerdaskan. Namun bisa pula menyesatkan dan menjerumuskan. Anda tentu sudah baca kan dari berbagi berita.

Akankah tercapai?

Terlepas dari dampak baik dan buruknya. Maka saya lebih melihat ke manfaat blog. Yaitu membudayakan membaca dan menulis. Sebuah budaya yang luhur dan agung menurut saya. Dalam hal ini saya sepakat dengan Fatih Syuhud (seorang blogger #1*) : budayakan menulis dan membaca bila kita tak ingin tertinggal atau Pak Wiryanto (dosen UPH  yang rajin menulis dalam blog) : Kebiasan membaca dan menulis merupakan bekal untuk studi lanjut (S1, s2, s3,…. s4  dst.. he..3x!)  Jadi karena ini budaya positif maka hendaknya menghasilkan yang positif. Istilahnya kebebasan yang bertanggung jawab.

Yang menggelitik buat saya adalah banner dari blog ayongeblog.com yang sengaja saya pasang di sidebar blog saya. Ajakan untuk ngeblog, bahkan dengan target 1 juta otang yang punya blog pada 2008 ini. Saya tidak tahu berapa jumlah blog / blogger di Indonesia saat ini. Lagi pula saya kan pemula. Dan gak punya ilmu untuk ngitung jumlah blog. Ini bagian mereka-merekalah para blogger “sejati” dan pengamat blogger. Yang saya ingin garis baahi disini adalah andai saat ini jumlah terebut belum tercapai akankah tahun ini tercapai?

Masalah klasik di negara kita adalah mahalnya akses internet. Giliran ada provider yang ngasih harga murah jaringan dan jangkauannya terbatas. Berbeda dengan negara-negara tetangga. Jadi ini menjadi salah satu penghambat berkembangnya para blogger tsb. Kalo soal kuantitas blog yang terdaftar Oke lah. Tapi bagaimana dengan keaktifan. Jadi tujuan untuk membudayakan membaca dan menulis melalui blog ini  masih jauh. Dan terbatas pada kalangan tertentu. Kalo begitu akankah blog akan tetap menjadi trend?

Written by mus

27/03/2008 pada 02:24

Ditulis dalam Internet, Komputer

Tagged with , ,

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] Ngeblog Sebuah Trend? Terlepas dari dampak baik dan buruknya. Maka saya lebih melihat ke manfaat blog. Yaitu membudayakan membaca dan menulis. Sebuah budaya yang luhur dan agung menurut saya. Dalam hal ini saya sepakat dengan Fatih Syuhud (seorang blogger #1*) : budayakan menulis dan membaca bila kita tak ingin tertinggal atau Pak Wiryanto (dosen UPH yang rajin menulis dalam blog) : Kebiasan membaca dan menulis merupakan bekal untuk studi lanjut (S1, s2, s3,…. s4 dst.. he..3x!) Jadi karena ini budaya positif maka hendaknya menghasilkan yang positif. Istilahnya kebebasan yang bertanggung jawab. […]

    Suka

  2. […] tagged indonesiaOwn a WordPress blog? Make monetization easier with the WP Affiliate Pro plugin. Ngeblog Sebuah Trend? saved by 13 others     sheelz321 bookmarked on 03/26/08 | […]

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: