Celotehan Masmus

menggelorakan jiwa

Tantangan Berat Bila Heryawan-Dede Jadi Gubernur Jabar

with 3 comments

Hari Ahad, 13 April 2008 adalah untuk pertama kalinya masyarakat Jawa Barat memilih secara langsung Gubernurnya. Ya, inilah pemilihan gubernur Jabar secara langsung pertama kali. Dan yang sangat mengejutkan dan aneh adalah kemenangan pasangan HADE (Heryawan-Dede Yusuf). Dari hasil Quick Count berbagai Lembaga Suvey (LSI, LSN, dan Puskaptis) adalah pasangan Hade sementara unggul dibanding pasangan lainnya.

HASIL PEROLEHAN SUARA SEMENTARA PILKADA JABAR
No       Peserta                      Jumlah Suara Persen (%)
1        Danny-Iwan              89.797 29 %
2        Agum-Nu’man           96.774 32 %
3        Heryawan-Dede        118.543 39 %
Minggu, 13/04/2008 20:02 WIB  –  Sumber : KPUD Jawa Barat (detikBandung.com)

Coba kita perhatikan koalisi partai besar yang mengusung dua pasangan lainnya. Danny-Iwan diusung partai Golkar dan Partai Demokrat, Agum-Nu’man didukung PDIP-PPP, sementara Heryawan-Dede hanya diusung PKS-PAN yang jelas basis pendukungnya di bawah partai-partai pendukung pasangan lain. Inilah yang mengejutkan dan aneh. Karena kita tahu sendiri sipalah Ahmad Heryawan tersebut. Bagi para pendukung dan simpatisan PKS mungkin tidak asing, karena dia mantan Ketua DPD PKS DKI Jakarta dan anggota DPRD DKI Jakarta. Tapi bagi masyarakat Jawa Barat dia mungkin masih asing. Kalau Dede Yusuf? Mungkin ini daya tariknya, siapa sih yang gak kenal Dede Yusuf. Aktor, artis, bintang iklan ini sudah tidak asing karena selalu menghiasi layar kaca. Tetapi menurut saya itu bukan daya tariknya, toh Pilkada Banten ada artis terkenal Marissa Haque, tapi kalah.

Menurut saya masyarakat Jabar menginginkan perubahan. Sehingga mereka mencari alternatif lain. Mengapa? Danny S (calon incumbent) masyarakat sudah mengetahui kepemimpinannya, masyarakat ingin yang lain. Sementara Agum Gumelar sudah malang melintang jadi menteri dan pejabat tinggi. Bukan beliau-beliau itu tidak bagus. Menurut saya beliau-beliau itu termasuk putra terbaik bangsa. Tapi sekali lagi tampaknya masyarakat Jabar merindukan figur baru. Dan pilihan itu dijatuhkan pada pasangan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf.

Tantangan Berat Bila Heryawan-Dede Jadi Gubernur Jabar

Mengapa saya katakan tantangan berat? Karena harapan-harapan dan kerinduan masyarakat Jabar akan pemimpin muda dan baru harus lebih baik daripada pemimpin yang sebelumnya. Jadi masyarakat Jabar berharap pemerintahan yang akan datang harus lebih baik dari yang sebelumnya. Pemerintah harus pro-rakyat. Lebih-lebih pemerintah harus mementingkan rakyat kecil yang selama ini selalu termarjinalkan secara politik, ekonomi, dan tentu saja kesejahteraannya. Mengurangi angka pengangguran. Petani mendapatkan pupuk yang terjangkau dan harga panenannya layak, begitu pula nelayan, dan buruh. Mereka harus lebih diperhatikan. Intinya murah sandang-pangan.

Selama ini kita terkesan dengan tokoh-tokoh PKS yang di legislatif, tapi mereka belum teruji di ekskutif. Dan saat ini mereka harus membuktikan di ekskutif. Bukan cuma citra pemerintahan yang bersih yang dibangun, tetapi program dan kebijakan nyata yang pro-rakyat yang diharapkan. Pemimpin yang dekat di hati rakyatnya. Jangan sampai terjadi saat kampanye rakyat begitu diharap-harapkan dan diberijanji-jani. Kini giliran terpilih terpilih mereka dilupakan, habis manis sepah dibuang.

Dan kita ketahui bersama bahwa Heryawan-Dede adalah tokoh muda. Kita selalu mengharapkan tokoh muda lebih fresh dan lebih semangat. Dan kini saatnya tokoh muda dapat membuktikannya. Itupun bila dalam penghitungan akhir nanti mereka berdua terpilih menjadi gubernur-wakil gubernur Jawa Barat.

Written by mus

13/04/2008 pada 22:07

Ditulis dalam Opini

Tagged with , , , , ,

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. insya allah ami ahe bisa merobah jabar jadi lebih baik…

    Suka

    awan menawan

    14/03/2009 at 21:09

  2. saya orang Tasik, sudah lama hidup di Solo.Ikut bangga aja kalau Gub dan Wagubnya muda-muda, semoga semangatnya muda dan selalu optimis menatap masa depan,walaupun semrawut.

    Suka

    Nonoh Siti Aminah

    23/11/2008 at 19:42

  3. ass salam kenal,,, kemenangan HADE merupakan tonggak dari supremansi hukum dalam menindak para koruptor,, silahkan baca posting saya HADE menang, Danny masuk Bui silahkan klik Disini

    Suka

    adeputrawinata

    15/04/2008 at 00:33


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: