Celotehan Masmus

menggelorakan jiwa

Demam Fecebook Melanda

with 9 comments

Lagi-lagi facebook. Pagi, siang, jam istirahat, malam, bahkan dini hari masih asyik ber-facebook. Ke warnet buka facebook, di kantor buka facebook, di hp akses facebook, blackbary pake facebook. Seolah-olah facebook adalah surga internet. Atau dunia ini telah berubah jadi dunia facebook. Jangan-jangan Indonesia juga telah berbuah jadi ‘negara facebook‘?

Alexa

Data dari Alexa menunjukkan situs facebook menempati peringkat ke-4 dunia bahkan di Indonesia peringkat ke-2 setelah Google. Hal ini cukup mencengangkan. Facebook datang langsung menanjak page rank-nya. Pada pertengahan Maret lalu peringkat dunia naik dari peringkat 5 menjadi 4. Jauh meninggalkan friendster yang telah lebih dalu hadir.

Tahun 2007 lalu tidak masuk 10 besar, tapi secara mantap kini mengukuhkan dominasinya di dunia internet. Coba kita cermati data-data dari alexa berikut ini:facebook trafic

facebook userSaat ini ternyata facebook bahkan menjadi situs paling sering dikunjungi pengguna internet. Hampir di semua negara facebook selalu menempati peringkat teratas. Facebook selalu menempati peringkat 2-4, kalau tidak ya masuk 10 besar, kecuali di Cina yang menempati peringkat ke-73. 

Situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini memang kini menjadi primadona. Pertumbuhan user facebook yang awal mulanya berasal dari Amerika Serikat kini telah merambah ke seluruh dunia. Bahkan pengguna facebook di Indonesia menempati peringkat ke-5 dunia setelah Amerika Serikat, Inggris, Italia, dan Perancis. facebook user1

Demam Facebook memang tengah melanda kita. Ada kekuatan yang luar biasa dari faceebook. Kesederhanaan, use friendly, gratis, dan banyak hal yang menarik perhatian para pengguna friendster mulai beralih ke facebook. 

Facebook selain digunakan untuk pertemanan atau mencari teman lama yang hilang kontak, juga dijadikan ajang kumpul komunitas tertentu. Dengan adanya group di faceebook mereka yang punya afiliasi atau hobi yang sama dapat berkumpul dan bertukar info. 

Bahkan saat ini facebook dapat dijadikan sebagai branding untuk produk-produk tertentu. Sebagai promosi brand-brand produk kita. Atau dengan kata lain facebook dapat dijadikan sebagai internet marketing, mengingat pengguna facebook yang cukup besar dan terus tumbuh.

Di samping ada hal-hal menarik dan nilai positif, tentu ada dampak negatif yang perlu kita hindari. Misalnya dapat di lihat di sini, sini, sini, sini, dan sini.

Lepas dari kontroversi dampak positif dan negatif facebook, semoga kita lebih bijak menggunakannya. [mus]

sumber analisa: alexa.com per Mei 17, 2009.

Written by mus

17/05/2009 pada 23:34

Ditulis dalam Internet

Tagged with , , ,

9 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. mw dftr fecebook

    Suka

    alvin

    16/01/2010 at 20:53

  2. […] 2009, bertepatan dengan rilis film tersebut. Hal itu juga terjadi pada ulasan saya tentang trafik facebook, mendapat arus kunjungan setelah ada polemik haram tidaknya penggunaan facebook di pesantren Jawa […]

    Suka

  3. Lima hari setelah saya menulis artikel tersebut. Facebook merajai Indonesia, atau dengan kata lain menjadi situs #1, yang paling banyak diakses oleh pengguna internet di Indonesia.

    Luar biasa. Facebook mampu menjadi “kekasih”, sahabat, atau bahkan sebagai “belahan jiwa” bagi para pecinta internet Indonesia.

    Mampukah negeri ini melahirkan situs “facebook-facebook” sendiri? Masih jauh. Delapan besar situs yang banyak diakses orang Indonesia adalah situs besutan asing, termasuk wordpress ini.

    Ayo anak negeri! Tunjukkan bahwa kita juga mampu.

    Suka

    mus

    05/06/2009 at 20:30

  4. Smester depan q sbagai orang indonesia bakal bikin web jejaring kaya fb,fs dngan nama fn (flashn****) yg pasti lebh cnggh n keren.. N muga2 aja bsa ngetrend ampe sluruh dunia… Salah, maksudq sluruh jogja dan skitarny aja.. Wkwkwk

    Suka

    2nd

    01/06/2009 at 08:08

  5. emang asik FB
    keren banget wajahnya
    tapi semoga bermanfaat

    Suka

    michail huda

    29/05/2009 at 09:30

  6. Wah..ternyata pembahasan lebih dari lengkap.
    Terima kasih atas kunjungannya.
    Saya sendiri untuk tidak “demam facebook”.
    Meskipun banyak rekan yang meminta saya buat account di fb, namun sampai saat ini saya tetap belum menjelajahi facebook. Saya lebih senang berpendapat dan beropini dari tulisan di Wp.

    Suka

    nusantaraku

    21/05/2009 at 14:08

    • Saya komentar satu kali, mendapat dua komentar dua. Terima kasih kembali.

      Bung nusantaraku, semua itu adalah pilihan. Saya pun sependapat menulis blog itu lebih “produktif” daripada FB. Di WP kita akan berusaha berlatih dan meng-eksplore diri kita. Sementara di FB akan banyak godaan untuk hal-hal yang gak perlu.

      Yang jelas semua itu pilihan kita masing-masing. Semua ada konsekuensinya.

      Suka

      mus

      21/05/2009 at 15:51

  7. Tapi saya malah mulai bisa main di FB?….
    ada yang lebih info yang lebih baru dari FST & FB?

    Suka

    dedekusn

    17/05/2009 at 23:47


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: