Celotehan Masmus

menggelorakan jiwa

Kenapa Orang Pintar Jadi Bodoh, Orang Bodoh Jadi Pintar?

leave a comment »

Tulisan Inspiratif dari Pak Roni. Semoga bisa mengisnpirasi kita. Belajar.. belajar.. dan belajar. Dari kejadian di sekitar kita.

Mindful Living

Pertanyaan menarik dari Pak @Rhenald_Kasali ini mengusik benak saya dan seperta Pesta Wirausaha TDA Padang.

Sepanjang pengalamannya menjadi dosen dan guru besar di UI, ia menyaksikan fenomena orang “pintar” menjadi “bodoh” dan sebaliknya orang “bodoh” menjadi “pintar”.

Contoh orang pintar menjadi bodoh adalah para lulusan perguruan tinggi bergelar S-1 sampai S-3 yang berhenti belajar selepas dari pendidikan akademisnya.

Mereka tak menyadari bahwa pembelajaran di kehidupan nyata jauh lebih penting. Alam terkembang jadi guru, demikian kata pepatah di Minang.

Mereka terpenjara oleh pengetahuan dan menjadi kurang imajinasi. Banyak yang gagal dalam pencapaian prestasi hidup lantaran tidak mampu belajar dari kehidupan.

Karirnya mentok, bahkan ada yang berakhir di penjara karena korupsi. Mereka adalah orang-orang pintar yang menjadi bodoh, menurut pendiri Rumah Perubahan ini.

Di sisi lain, banyak orang bodoh yang menjadi pintar dalam kehidupan. Istilah “bodoh” yang dimaksud Pak Rhenald adalah tidak bersekolah tinggi secara formal.

Ia memberi contoh perancang kebaya Anne…

Lihat pos aslinya 112 kata lagi

Written by mus

10/12/2013 pada 13:46

Ditulis dalam Opini

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.